8 Days Singapore-Jakarta Holiday Trip with 15 Months Old Baby [Part 1]

Hello semuanya....
Selamat Tahun Baru 2016 yaa... Emang udah telat sih, lagipula ini post pertamaku di taon 2016 jadi baru bisa ngucapinnya juga sekarang. LOL. Di post ini aq pengen sharing serunya pengalaman aq menbawa bayi pas liburan ke SG-JKT dari tgl 7-14 Januari kemaren. Mungkin juga bisa jadi info tambahan buat parents lainnya yg pengen jj sendiri ke luar membawa bayi. 

Sebenernya kita plan perginya tgl 11 jan, tp trnyata passport aq udah ngepas banget tinggal 6 bln mw expired. Kurang dari 6 bulan udah ditolak untuk pesen tiket pesawat,dll jadi dipercepat jd 7 jan. Kita pergi ber3 aja, cuma aq, hubby n kenzo. Agak nekat juga sih secara bawa baby itu tw sendiri ribet n capeknya kayak gimana, ga usah ditanya lagi deh. Mungkin kalo bawa babysitter lebih enak kali ya. haha... Tapi kita emg dr awal ud ga pake babysitter sih. 

Untuk tiket psawat dan hotel kita udah pesen semua secara online. Destinasi yg mw dikunjungi di SG juga udah di plan dulu jadi bisa nentuin mw nginep dimana, dan tw akses ke tempat2 wisata yg mw dikunjungi di SG itu naek apa dan berapa lama. Untuk perlengkapan yg mw dibawa juga ud aq siapkan 10 hari sebelum berangkat krena perlengkapan bayi itu harus dicek terus jangan sampe ada brang yg penting kelupaan. Bisa pusinh pala berbie. heheh...

Aq lgsg bawa pampers banyak dari indo untuk persediaan selama 8 hari krena klo smp sana baru bli itu ribet bnget. Untuk makanan Kenzo slama dusana aq terpaksa pke bubur instan krena udah pasti ga bisa masak krn g bawa peralatannya, klo pas kbetulan mampir di resto yg sediain baby food sih it's ok tp jarang ada sih jd mw ga mw kmbali ke bubur bayi ato nasi tim instan gt. 

Bawa baby itu mw ga mw bawaannya jadi agak banyak yah dibanding pergi sendiri. Jadi aq bawa 1 koper besar untuk pakaian aq n hubby, 1 koper sedang untuk pakaian kenzo, 1 koper kecil untuk hand carry, plus stroller. Koper hand carry itu wajib banget yah, ini ga masuk bagasi, kita bisa naruh perlengkapan baby yg penting2 kayak susu, selimut, botol2, dll. Pas jj di SG pun, koper kecil ini juga selalu dibawa kemana2 jadi jj seharian di luar sampe malam pun ga akan kebingungan. Stroller juga bisa dibawa sampe mw naik pesawat, nti pas di pintu pesawat bru diambil sm petugas nya n dipindahkan ke bagasi, tapi ga dihitung bagasi kok.
hubby lebih prefer pke gendongan gini drpd stroller... up to you lah hun... :P

Hal yg paling ditakutin semua ortu pas jj bawa bayi ke luar adalah pas naik pesawat nya, iya kan??? hehehe... Sempet takut sih klo si kenzo bakal rewel selama di pesawat, jadi aq juga udah persiapin "senjata ampuh" supaya kenzo ga rewel. Namanya anak sendiri, pasti tw dong apa kesukaannya. Si kenzo itu suka banget nonton kartun di ipad n makan biskuit. Jadi ipad itu barang "wajib" kalo pergi kemana2. Ipad ini slalu ampuh banget bikin si kenzo duduk manis. hehe... Pas di pesawat aq tinggal puterin film di ipad, n dia pun anteng banget smp mendarat. Aq n hubby sampe bobok, si kenzo nya ga bobok sm sekali krena asyik nonton. 3 kali naik pesawat, si kenzo ga pernah bobok di pesawat, tapi juga ga rewel krena dia asyik nonton. hehe... Intinya, jngan lupa bawa brang yg disukai baby pas naik pesawat. Kalo dia suka minum susu/makan biskuit, kasih aja.
sempet tkut di samping ada bule krn mreka pling anti brisik aplagi suara tangisan bayi

Dari sby kita naik pesawat jam 10 pagi, sampe SG sekitar jam 1. Sampe di Changi Airport, kita bisa langsung beli Singapore Tourist Pass di bandara yaitu kartu buat naik bis/MRT kemanapun selama di SG. Jauh lebih murah drpada naik taxi. Kita juga bisa langsung beli tiket tempat2 wisata yg me dikunjungi di SG kayak tempat2 wisata di Sentosa island dll, harganya lebih murah drpd beli langsung di counter nya, dan juga gak perlu ngantri lagi. Dan biasanya harganya itu udah harga paket ke 3-4 tempat sekaligus jadi lebih murah. Kalo mw beli simcard buat nelpon jg bs bli di bandara.
ekspresi senang kenzo akhirnya bisa "bebas"... hehe...

Dari bandara, kita ke hotel naik taxi krena bawaanya banyak. Kita nginep di Harbour Ville, naik taxi kena sekitar SGD 30. Nyampe hotel udah skitar jam 3 waktu setempat. Kita istirahat n mandi sebentar, jam 5 sore langsung ke Vivocity Mall. Dari hotel ga terlalu jauh, tinggal jalan kaki 5 menit ke halte bus, dan naik bis sekali langsung turun di mall nya. Kalo jj bawa baby ke SG ini paling recommended kemana2 naik bis. Selain murah, bis di SG juga sangat nyaman dan beraih, beda banget sama bis di Indo. -____- Cuma kalo bawa stroller, stroller nya harus dilipat dulu.

Bis di SG semuanya ada nomornya, jadi sebelum mutusin mw kemana, jngan lupa cek no bis nya. Kalo ganti bis juga harus tw brikutnya hrus naik bis no apa. Kita kemaren kemana2 pake Google Map, jadi naik bis/mrt ga bingung krena info rute nya lengkap banget. ^^

Bis di SG ini asli nyaman banget. Yg bikin lebih nyamannya lg adalah org2 di SG ini juga semuanya sangat friendly dan respect. Mereka akan langsung berdiri dan mempersilakan tempat duduknya untuk orang lansia, ibu hamil, dan yg membawa baby. Anak2 muda disini keliatan banget sangat respect sm org yg lbih tua, mereka lbih memilih berdiri di bis, jd yg duduk itu biasanya org2 yg tua. Orang2 di SG sini juga semuanya sangat peduli dengan sesamanya, ngeliat ada yg lg kesusahan pasti langsung dibantu. Salut banget.

DAY 2
Hari kedua, kita mutusin untuk ke Sentosa Island. Dari hotel ke Vivocity mall dulu, trus disana naik MRT 2x ke Sentosa Island. Perjalanannya agak jauh, jd aq menikmati pemandangan SG yg indah selama di MRT.
sebelum naik bis, narsis dlu... hihi...

Sampe di Sentosa Island, kita maem dulu krena di hotel ga dapet sarapan, dan nyampe di Sentosa udah setengah 12. Disitu ada kayak food court jual makanan khas Malaysia, harganya rata2 terjangkau. Aq pesen curry noodle, rasanya enak banget.


Kalo yg dimakan hubby ini lupa apa namanya, kayak batagor nya Indo. heheh...

Di Sentosa Island ini, semua wahana nya ngumpul di satu tempat, mulai dari universal studio, sea aquarium, madam tussaud, river safari, dll. Emang lebih enak nginep di Sentosa sini, cuma biaya per night nya mahal banget. 

Kita emang dari awal udah mutusin gak masuk Universal, krena rugi si kenzo belom bisa maen. Sayang kalo masuk ga maen semua. Mungkin next time kalo Kenzo udah gedean. hehe...


Jadinya kita ke Sea Aquarium.



Si kenzo seneng banget liat ikan2 nya. heheh....

Di SG ini juga enaknya di semua tempat wisatanya ada nursery room dan bersih banget. Disini juga jual souvenir nya bagus2, aq beli boneka little pony harganya SGD 30. ^^

Udah plan mw naek Tiger Sky ini, tapi pas nyampe ternyata biasa aja, jadi batal naik. :P


Oh ya btw, buat yg bawa baby ke SG ga perlu khawatir nyari air panas buat bikin susu, hampir semua mini market Seven Eleven nyediain dispenser isi air panas, cukup bawa termos aja. Mini market ini gampang banget ditemuin dimana aja bahkan di tempat2 wisata, buat yg mw top up alias nambah saldo Singapore Tourist Pass juga bisa dilakukan di Seven Eleven ini.


Foto2 di Merlion Sentosa. Yg bawa baby sedia selalu jaket untuk baby, krena bulan segini angin nya kencang banget dimana2. Hari kedua ini, kita sore udah balik hotel krena perjalanannya emang agak jauh jadi biar ga kemalaman nyampe hotel. Di SG ini, jam 7 malam langitnya masih terang, jd ga kerasa kalo udah malem, kirain masih sore. hehe... 


DAY 3
Hari ketiga, sebelum jj ke Garden By the Bay, kita sarapan di McD di area Lucky China Town, sekalian liat2 China Town di SG. hehe... Di hari ketiga ini, lebih banyak tempat yg kita kunjungi. Abis dr China Town, langsung ke Garden by The Bay. Dari sini, kita bisa lihat bangunan Marina Bay Sand dari deket.


Ada pemandangan SG Flyer juga.hehe...

Kalo mw kesini jangan lupa bawa selendang/topi/kacamata krena di luar panas n anginnya kenceng banget. Dan bawa jaket juga pas masuk Flower Dome karena di dalam super dingin banget kayak freezer. Takutnya kalo baby/anak kecil bisa kedinginan.

Di dalam flower dome ini, pemandangannya cantik banget penuh dengan bunga2 dan pepohonan. Suasananya masih agak suasana natal gitu. hehe...

Garden by the bay ini tempatnya luas banget, jadi sehari kyknya ga cukup buat ngelilingi tempat ini. Kita cuma masuk ke flower dome dan cloud forest, itu aja tmpatnya gede banget dan sebelum smpe ke flower dome ini harus jalan kaki jauh banget dr pintu masuk. Siap2 stamina aja n air mineral biar ga dehidrasi, plus pke sandal biar jalannya nyaman. Tapi emang bgus sih tempatnya. Sayang ga sempet ke ocbc skyway nya.




Cloud forest ini tempatnya lebih dingin lg dr flower dome apalagi pas masuk ada air terjun, otomatis kena cipratan airnya jd tmbah terasa kayak beku disini. Aq liat ada org yg mugkin ud prnah kesini sebelumnya, jd ud antisipasi pake mantel biar ga kena air nya. heheh..

Yg udah tbiasa tahan dingin mgkin ga ada masalah, tp aq emg ga kuat klo trlalu dingin bnget. brrr....

Kalo bisa di zoom, 2 bunga besar ini sebenarnya lego kecil2 yg dibikin bntuk bunga lho. Wah kreatif bnget yg bikin.

Kita di Garden by the bay cuma sampe siang trus lanjut jalan2 ke Bugis Street dan Bugis Junction sebentar. Tapi sebelumnya kita jj di The Shoppes at Marina Bay Sand. Itu adalah mall yg yg isinya counter2 yg cuma jualan barang2 luxury brand atau high end class. Kita cuma mampir makan siang bentar disana karena udah sore, trus bru ke Bugis Junction dan Bugis Street. Bugis Junction dan Bugis Street itu nama 2 tempat belanja,mdua2 nya saling berhadapan tinggal nyebrang jalan. Bedanya Bugis Junction lebih gede kyak mall, sedangkn bugis street ini kyk pasar, tempat jualan aneka suvenir buat oleh2.

Abis dari situ, kita lanjut jj je SG Flyer. Sampe sana rasanya udah sekitar jam 5 an. Emang udah plan pengen naek ini. Hehe... Jd sampe sana bli tiket trus langsung naek gpl. Sebenernya aq punya phobia ketinggian jd pas naek ini awalnya aq cm duduk aja g brani brdiri. Tp lama2 aq mulai agak brani n bs foto2 pmndangan SG yg indah di sore hari. ;)

Awalnyancuma brani foto hubby sm kenzo. Ngece nih merrka krena aq cuma duduk aja krn tkut. :P

Such an amazing scene~

Lama2 mulai memberanikan diri buat bernarsis ria. Tapi ya gitu tetep sambil duduk n ga brani berdiri apalagi deket kaca krn tkut. >.<

Sekali naik SG flyer ini kira2 cuma 30 menit tp ud puas bnget. Bisa dibilang momen yg pling ga terlupakan slma di SG kmren y naik SG flyer ini, pemandangannya keren bnget apalagi pas matahari mw terbenam. :) Disini ga cuma ada SG flyer, tp tjuga ada bioskop 4D, pengen masuk sih cuma ga bisa krn bawa baby. :S

Krena pas turun udah mulai gelap, kita langsung bli mkanan take away buat dinner di hotel trus pulang ke hotel, kira2 2x gnti bis. Sampe hotel udah jam 9 langsung istirahat. ^^
si kenzo ud bobo krn kcapekkan, si hubby malah sbuk ma gadget nya... lol...

And btw di post berikutnya akan berisi tentang trip hari ke 4-5 aq di SG dan Jkt. See you soon on my next post! ^^

2 comments:

  1. wihhh asyik cece baca ceritanyaaa ...
    si kenzo mirip banget sama daaddynya wkwkwkwk ^^
    ditunggu ce cerita berkutnya ^^

    ReplyDelete
  2. Wah keren, aku juga punya plan ja!an jalan tapi mengingat lagi hamil dan susah bawa bayi kayaknya bakal luuuuaaammma banget baru jalan jalan lagi. Liat blog nya kayaknya seru juga bawa baby. Jadi gak sabar.. udah gak takut lagi haha..

    ReplyDelete